TINGKATAN DOMAIN KOGNITIF
Tingkat | Deskripsi |
1.Pengetahuan | Pengetahuan terhadap fakta, konsep, definisi, nama, peristiwa, tahun, daftar, rumus, teori, dan kesimpulan. Contoh kegiatan belajar • mengemukakan arti • menamakan • membuat daftar • menentukan lokasi • mendeskripsikan sesuatu • menceritakan apa yang terjadi • menguraikan apa yang terjadi |
2.Pemahaman | Pengertian terhadap hubungan antar-faktor, antar konsep, dan antar-data, hubungan sebab-akibat, dan penarikan kesimpulan. Contoh kegiatan belajar •mengungkapkan gagasan/pendapat dengan kata-kata sendiri • membedakan, membandingkan • mengintepretasi data • mendiskripsikan dengan kata-kata sendiri • menjelaskan gagasan pokok •menceritakan kembali dengan kata-kata sendiri |
3. Aplikasi | *Menggunakan pengetahuan untuk memecahkan masalah *Menerapkan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari Contoh kegiatan belajar • menghitung kebutuhan • melakukan percobaan • membuat peta • membuat model • merancang strategi |
4. Analisis | Menentukan bagian-bagian dari suatu masalah, penyelesaian, atau gagasan dan menunjukkan hubungan antar-bagian tersebut. Contoh kegiatan belajar • mengidentifikasi faktor penyebab • merumuskan masalah • mengajukan pertanyaan untuk memperoleh informasi • membuat grafik • mengkaji ulang |
5. Sintesis | *Menggabungkan berbagai informasi menjadi satu kesimpulan atau konsep *Meramu/merangkai berbagai gagasan menjadi suatu hal yang baru Contoh kegiatan belajar • membuat desain • mengarang komposisi lagu • menemukan solusi masalah • memprediksi • merancang model mobil-mobilan, pesawat sederhana • menciptakan produk baru |
6. Evaluasi | Mempertimbangkan dan menilai benar-salah, baik-buruk, bermanfaat-tak bermanfaat Contoh kegiatan belajar • mempertahankan pendapat • beradu argumentasi • memilih solusi yang lebih baik • menyusun kriteria penilaian • menyarankan perubahan • menulis laporan • membahas suatu kasus • menyarankan strategi baru |
TINGKATAN DOMAIN AFEKTIF
Tingkat | Deskripsi |
1.Penerimaan (Receiving) | *Kepekaan (keinginan menerima atau memperhatikan) terhadap fenomena dan stimulasi *Menunjukkan perhatian yang terkontrol dan terseleksi Contoh kegiatan belajar • sering mendengarkan musik • senang membaca puisi • senang mengerjakan soal matematika • ingin menonton sesuatu • senang membaca cerita • senang menyanyikan lagu |
2. Responsi (Responding) | *Menunjukkan perhatian aktif *Melakukan sesuatu dengan/tentang fenomena *Setuju, ingin, puas meresponsi Contoh kegiatan belajar • mentaati aturan • mengerjakan tugas • mengungkapkan perasaan • menanggapi pendapat • meminta maaf atas kesalahan • mendamaikan orang yg bertengkar • menunjukkan empati • menulis puisi • melakukan renungan • melakukan introspeksi |
3.Acuan nilai (Valuing) | *Menunjukkan konsistensi perilaku yang mengandung nilai *Termotivasi berperilaku sesuai dengan nilai-nilai yang pasti *Tingkatan: menerima, lebih menyukai, dan menunjukkan komitmen terhadap suatu nilai Contoh kegiatan belajar • mengapresiasi seni • menghargai peran • menunjukkan keprihatinan • menunjukkan alasan perasaan jengkel • mengoleksi kaset lagu, novel, atau barang antik • melakukan upaya pelestarian lingkungan hidup • menunjukkan simpati kepada korban pelanggaran HAM • menjelaskan alasan senang membaca novel |
4.Organisasi | *Mengorganisasi nilai-nilai yang relevan ke dalam latu sistem *Menentukan saling hubungan antar nilai *Memantapkan suatu nilai yang dominan dan diterima di mana-mana *Tingkatan: -Konseptualisasi suatu nilai -Organisasi suatu sistem nilai Contoh kegiatan belajar • bertanggung jawab thd perilaku • menerima kelebihan&kekurangan pribadi • membuat rancangan hidup masa depan • merefleksi pengalaman dalam hal tertentu • membahas cara melestarikan lingkungan hidup • merenungkan makna ayat kitab suci bagi kehidupan |
5.Karakterisasi | *Suatu nilai/sistem nilai telah menjadi karakter *Nilai-nilai tertentu telah mendapat tempat dalam hirarki nilai individu, diorganisasi secara konsisten, dan telah mampu mengontrol tingkah laku individu. Contoh kegiatan belajar •rajin, tepat waktu, berdisiplin diri •mandiri dalam bekerja secara independen •objektif dlm memecahkan masalah •mempertahankan pola hidup sehat •menilai fasilitas umum dan mengajukan saran perbaikan •menyarankan pemecahan masalah HAM • menilai kebiasaan konsumsi • mendiskusikan cara-cara dalam menyelesaikan konflik antar-teman |
TINGKATAN DOMAIN PSIKOMOTOR
Tingkat | Deskripsi |
1. Gerakan refleks | *Gerakan refleks adalah basis semua perilaku bergerak *Responsi terhadap stimulus tanpa sadar Misalnya: melompat, menunduk, berjalan, menggerakkan leher dan kepala, menggemgam, memegang Contoh kegiatan belajar • mengupas mangga dengan pisau • memotong dahan bunga • menampilkan ekspresi yang berbeda • meniru gerakan polisi lalu lintas, juru parkir • meniru gerakan daun berbagai tumbuhan yang diterpa angin. |
2. Gerakan dasar (Basic fundamental movements) | *Gerakan yang muncul tanpa latihan tapi dapat diperhalus melalui praktik *Gerakan yang terpola dan dapat ditebak Contoh kegiatan belajar •Contoh gerakan tak berpindah: bergoyang, memeluk, berputar, menarik, mendorong, merentang, membungkuk Contoh gerakan berpindah: merangkak, maju perlahan-lahan, meluncur, berputar mengitari, berjalan, berlari, meloncat-loncat, memanjat •Contoh gerakan manipulasi: menggambar dengan crayon, menggunting, memegang dan melepas objek, blok, atau mainan, menyusun balok/blok • Keterampilan gerak tangan dan jari-jari: menggambar, memainkan bola |
3. Gerakan persepsi (Perceptual abilities) | Gerakan sudah lebih meningkat karena dibantu kemampuan perseptual Contoh kegiatan belajar • menangkap bola, mendrible bola • melompat dari satu petak ke petak lain dengan 1 kali sambil menjaga keseimbangan •memilih satu objek kecil dari sekelompok objek yang ukurannya bervariasi • membaca • melihat terbangnya bola pingpong • melihat gerak pendulun • menggambar simbol geometri • menulis alfabet • mengulangi pola gerak tarian • memukul bola tenis, pingpong • membedakan bunyi beragam alat musik • membedakan suara berbagai binatang • mengulangi ritme lagu yang pernah didengar • membedakan berbagai tekstur dengan meraba |
4. Gerakan kemampuan fisik (Psysical abilities) | Gerak lebih efisien, berkembang melalui kematangan dan belajar Contoh kegiatan belajar •menggerakkan otot/sekelompok otot selama waktu tertentu • berlari jauh • mengangkat beban, melakukan push-up, kegiatan memperkuat lengan, kaki, dan perut, menarik-mendorong • menari • melakukan senam • melakukan gerak pesenam, pemain biola, pemain bola |
5. Gerakan terampil (Skilled movements) | *Dapat mengontrol berbagai tingkatan gerak *Terampil, tangkas, cekatan melakukan gerakan yang sulit dan rumit (kompleks) Contoh kegiatan belajar •melakukan gerakan terampil berbagai cabang olahraga • menari, berdansa • membuat kerajinan tangan • menggergaji • mengetik • bermain piano • memanah • skating • melakukan gerak akrobatik • melakukan koprol yang sulit |
6. Gerakan indah dan kreatif (Non-discursive communication) | *Mengkomunikasikan perasaan melalui gerakan *Gerak estetik: gerakan-gerakan terampil yang efisien dan indah *Gerak kreatif: gerakan-gerakan pd tingkat tertinggi untuk mengkomunikasikan peran Contoh kegiatan belajar • kerja seni yang bermutu (membuat patung, melukis, menari balet, melakukan senam tingkat tinggi, bermain drama (acting)) • keterampilan olahraga tingkat tinggi |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar